INi Dia!! 10 Suporter Bola Paling Panatik Di Indonesia

adsense 336x280
Pertandingan sepak bola tidak terlepas dari pemain ke-12 di lapangan yaitu, suporter. Di antara sekian banyak puluhan ribu orang yang memadati stadion untuk menyaksikan pertandingan sepak bola, ada sekelompok orang yang memiliki loyalitas terhadap klub kebanggaannya. Istilah itu dikenal dengan nama suporter.


Berikut 10 Suporter fanatik paling militan di Indonesia, setuju atau tidak?

1. The Jakmania

Suporter kebanggaan Persija Jakarta tersebut lahir pada tanggal 19 Desember 1997. Ketika itu, The Jakmania didirikan saat bergulirnya kompetisi Liga Indonesia (Ligina) IV.

Ide terbentuknya The Jakmania lahir dari Diza Rasyid Ali yang menjabat manajer Persija Jakarta ketika itu. Selain itu, terbentuknya The Jakmania juga mendapat restu dari Gubernur DKI Jakarta ketika itu, Sutiyoso yang juga bertindak selaku Dewan Pembina Persija Jakarta.

Saat didirikan pertama kali, artis Gugun Gondrong yang merupakan fans berat Persija Jakarta diberikan mandat sebagai Ketum The Jakmania.

Pada saat ini, The Jakmania memiliki 72 ribu anggota tetap dan memiliki kurang lebih 50 koordinator wilayah yang tersebar di Jakarta. Selain itu, The Jakmania juga memiliki suporter khusus kaum hawa yang dinamakan, Jak Angel.

2. Viking


Viking Persib Fans Club atau yang dikenal dengan sebutan familiar Viking merupakan suporter fanatik klub Persib Bandung. Viking didirikan pada tanggal 17 Juli 1993.

Viking didirikan atas ide dari (Alm) Ayi Beutik, Heru Joko, Dodi “Pesa” Rokhdian, Hendra Bule, dan Aris Primat yang sangat fanatik dan mencintai Persib Bandung. Nama Viking diambil dari suku bangsa yang mendiami kawasan Skandinavia di Eropa Utara.

Suku bangsa tersebut dikenal dengan sifat yang keras, berani, gigih, solid, patriotis, berjiwa penakluk, pantang menyerah, serta senang menjelajah. Karakter dan semangat itulah yang mendasari pengadopsian nama Viking ke dalam nama suporter fanatik Persib Bandung.

Saat ini, Viking memiliki lebih dari 70 ribu anggota yang tersebar di seluruh kota dan wilayah provinsi Jawa Barat.

3. Aremania

Pendukung setia klub asal Malang, Arema Malang yang kini menjadi Arema FC tersebut lahir atas dasar simpatisan pendukung Arema. Bukan berdasarkan bentukan PS Arema Malang.

Aremania lahir ketika tahun 1997. Nama Aremania muncul karena dinilai bisa mempersatukan suporter Arema. Secara psikologis persamaan dasar antara Arema dan Aremania membuat suporter merasa bersatu. Kata Aremania bisa dibagi Arema dan Mania.

Saat ini, Aremania telah memiliki lebih dari 50 ribu basis pendukung di seluruh wilayah Jawa Timur, termasuk beberapa wilayah di Indonesia.

4. Bonek

bonex

Suporter kebanggaan klub Persebaya Surabaya tersebut lahir pada tahun 1988. Istilah Bonek berasal dari akronim bahasa Jawa Bondo Nekat yang artinya modal nekat.

Istilah Bonek lahir ketika para suporter Persebaya berbondong-bondong datang ke Jakarta untuk menyaksikan klub kesayangannya bertanding di Jakarta. Hal tersebut membuat Bonek dikenal sebagai prionir Away Days atau pendukung sepak bola yang mengirim tim pujaannya bertanding ke kota lain.

Saat ini, Bonek memiliki hampir 50 ribu basis pendukung di seluruh wilayah Indonesia.

5. Pasoepati

Kelompok suporter kebanggaan klub Persis Solo tersebut lahir pada tahun 2000. Ketika itu, kelahiran Pasoepati tidak terlepas dari klub Pelita Jaya yang bermarkas di Stadion Manahan, Solo. Istilah Pasoepati lahir dari akronim Pasukan Soeporter Sejati Pelita.

Pasoepati mempunyai hampir 50 ribu basis pendukung yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

6. The Macz Man

The Macz Man sudah memiliki hampir 30 ribu basis suporter di seluruh wilayah Indonesia.

7. Pusamania

Kelompok suporter Persisam Putra Samarinda yang sekarang berganti nama menjadi Pusamania Borneo FC tersebut lahir saat kompetisi Galatama Liga Indonesia tahun 1994.

Saat ini, Pusamania telah memiliki hampir 25 ribu basis pendukung di seluruh Indonesia.

8. La Mania

Suporter kebanggaan Persela Lamongan tersebut berdiri atas bentukan kelompok-kelompok fans klub yang berjuluk Laskar Joko Tingkir, tersebut, diantaranya Lamongan Fans Club (LFC), Alex Fans Club, dan sejumlah kelompok suporter lainnya.

La Mania juga dinobatkan sebagai suporter terbaik ISL musim 2008-2009.

9. Slemania

Kelompok suporter kebanggaan klub PSS Sleman tersebut lahir pada bulan Desember tahun 2000.

Hingga saat ini, Slemania mempunyai 18 ribu anggota dan 50 ribu simpatisan yang tersebar di wilayah Indonesia, terutama daerah Sleman, Yogyakarta.

10. Spartacks

Spartacks atau Suporter Padang dan Anak RanTAu Cinta Kabau Sirah adalah sebutan untuk komunitas pendukung (suporter) klub sepak bola Semen Padang FC.

Sumber: Google.com - Bola.com
adsense 336x280

0 Response to "INi Dia!! 10 Suporter Bola Paling Panatik Di Indonesia"

Post a Comment