Ini Dia!! Alasan Batalnya Pernikahan Gaib Panglima Burung-Titisan Nyi Roro Kidul

adsense 336x280
- Alasan pembatalan rencana pernikahan Sri Baruno Jagat Prameswari yang disebut-sebut sebagai titisan Nyi Roro Kidul dengan Panglima Burung salah satunya karena ada penolakan dari Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah.

Melalui surat resmi yang diterbitkan DAD Kalteng tertanggal 25 Febuari 2017, Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan sikap terhadap rencana perkawinan secara adat leluhur Adat Dayak Kalimantan Tengah, atas nama Sri Baruno Jagat Prameswari (dari Merapi) dengan Pangliuma Burung yang direncanakan pada hari Selasa tanggal 28 Februari 2017 pukul 08.00 s/d selesai bertempat di Rumah Bapak Isay Judae (Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan).



DAD Kalteng menilai, pernikahan itu tidak sesuai tidak sesuai dengan adat leluhur Dayak Kalimantan Tengah. Surat DAD Kalteng itu beregister SIKAP No.19/DAD-KTG/ps Il 19017. Surat tersebut ditandatangani Ketua Harian Eksternal DAD Kalteng Lukas Tingkes. 

"Perkawinan tersebut tidak diakui, tidak direstui, dan tidak direkomendasikan serta ditolak oleh DAD Provinsi Kalimantan Tengah," demikian isi dari surat tersebut yang diedarkan kepada sejumlah jurnalis Kalteng, Minggu (26/2/2017).

Kemudian, DAD Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan bahwa perkawinan tersebut tidak sesuai dengan adat leluhur Dayak Kalimantan Tengah. Diharap kepada seluruh masyarakat adat Dayak Kalimantan Tengah tidak terpengaruh dengan isu dan publikasi sehingga melecehkan dan merendahkan harkat dan martabat serta adat leluhur Dayak Kalimantan. 

"Provinsi Meminta kepada aparat keamanan negara, penegak hukum Kalimantan Tengah mengusut tuntas dan melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap isu memecah belah masyarakat adat Dayak Kalimantan Tengah. Demikian pernyataan sikap ini dibuat untuk menjadi perhatian seluruh masyarakat adat Provinsi Kalteng."

Diberitakan sebelumnya, rencana pernikahan Sri Baruno Prameswari dengan Panglima Burung dibatalkan secara mendadak. Pembatalan dilakukan oleh Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Kalteng, Isay Djudae pada Sabtu (25/2/2017) sekitar pukul 10.00 WIB
sumber : https://daerah.sindonews.com/read/1183360/174/alasan-batalnya-pernikahan-gaib-panglima-burung-titisan-nyi-roro-kidul-1488082010
adsense 336x280

0 Response to "Ini Dia!! Alasan Batalnya Pernikahan Gaib Panglima Burung-Titisan Nyi Roro Kidul"

Post a Comment